Posted by: yohanestantama | December 4, 2007

Pertapaan Karmel – Ngadireso, Tumpang

Hari minggu lalu kami sekeluarga pergi ke Pertapaan Karmel di Tumpang, tepatnya di Ngadireso. Perjalanan kami tempuh sekitar 3 jam dari Surabaya. Agak lama karena kami terkena kemacetan di Porong. Sebelum memasuki kota Malang, tepatnya di pertigaan menuju terminal Arjosari kami belok ke kiri dan nantinya melewati perumahan Araya. Pada perempatan setelahnya (ada lampu merah) belok kekiri lagi melewati tempat wisata wendit. Ada beberapa persimpangan yang agak membingungkan, supaya tidak salah jalan lebih baik anda menanyakan ke warga sekitar. Kami tiba disana sekitar pk. 16.00. Segera kami mengurus tempat istirahat kami di reception.

Apabila anda benar benar ingin merasakan kedamaian dengan suasana doa, pertapaan karmel ini merupakan salah satu tempat yang bisa anda kunjungi. Dengan didukung udara yang sejuk, suasana dan acara doa disana cukup menyentuh. Malam hari anda bisa mengikuti Persekutuan Doa mulai pukul 8 malam. Minggu pagi jam 6 ada doa Yesus dipandu oleh suster disana. Dan jam 9 pagi ada misa Kudus. Setelah Misa diberikan kesempatan buat konsultasi apabila umat membutuhkan.

Oh ya biaya perorang adalah Rp. 25 ribu. Sudah termasuk makan malam dan makan pagi. Makanan disana tidak mengandung daging tapi sudah cukup lezat, apalagi dimakan pada udara dingin. Buat Minggu siangnya kalau anda takut kehabisan makanan bisa pesan didapur pada hari Sabtunya.

Untuk persiapan anda harus charge HP anda dari rumah karena disana tidak ada stop kontak listrik (di dalam kamar). Kalau mendesak anda bisa minta tolong di charge melalui reception.

Berikut beberapa photo tempat disana, GBU

gereja.jpg gua-maria.jpg jalan-salib.jpg salib.jpg

About these ads

Responses

  1. Apa bisa minta didoakan supaya saya sukses? nanti saya akan terus kontak ke tempat Bunda Allah ini.

  2. Saudaraku, pak Benyamin, saya akan berdoa supaya Bapak dapat sukses. Bukankah sangat indah kalau kita sebagai sesama Umat Kristiani dapat saling mendoakan. Tentunya kesuksesan kita merupakan berkat dari Tuhan Yesus sendiri, tidak ada seorangpun yang berhak memberikannya. Kalau memang PakBenyamin ingin memberi masukan positif buat website saya ini dengan senang hati saya akan menerimanya karena saya membuat website ini supaya dapat sharing dan saling menguatkan sebagai sesama Kristiani. Salam, semoga Tuhan memberkati

  3. Wow fotonya bagus sekali, saya jadi tertarik untuk mengunjunginya.

  4. tempat ini sangat berkesan buat saya, kebetulan saya orang malang, tapi baru 1 kali saya retret disana. suasana doa yang nyaman disana membuat saya merasa sangat kecil di hadapannya. betul-betul nyaman bisa berdoa disana, meski berdoa dimanapun juga nyaman, tapi tempat ini memberi suasana lain, mungkin karena kesunyiannya dan suasananya.
    saling mendoakan ya pak, salam kenal

    best regards,
    Yosefina Nina Rahayu

  5. Buat Mbak Nina, tolong penulisan NYA pada kata…….sangat kecil di hadapanNYA untuk lain waktu lebih diperhatikan pada comment anda tanggal 30 October 2008 at 8.24 am.

  6. Makasih koreksinya Thea, GBU

  7. apakah anda memiliki gambar peta dari Surabaya ke Tumpang yang bisa saya download? terima kasih
    GBU

  8. Maaf pak Singgih saya, tidak punya. Bapak tinggal dimana?

    • Sore, kalo saya sbt menginap di sana, mlm ikut PD dan minggu paginya ikut misa saja bisa gk ya. Minggu balik ke sby lagi. Thx u

  9. Kami dulu sering ke Tumpang sewaktu masih tinggal di Malang
    Sekarang kami tinggal di Semarang di Banyumanik
    Sehingga yang sering kami kunjungi
    Ke Gua maria Ambarawa serta Pertapaan GEDONO mirip tumpang

  10. Saya sekeluarga baru saja mengikuti retret pohon keluarga di tumpang. Sungguh luar biasa berkat Nya yang saya terima. Saya merasakan lebih nikmat hidup dengan mengandalkan Tuhan dibadingkan mengandalkan kekuatan kita sendiri sebagai manusia. GBU

  11. Saya sungguh bersyukur pada Bapa, karna sungguh besar CintaNya pada anakNya di Indonesia, kita tidak luput dari pandanganNya, dengan disediakannya rumah retret sebagai rentetan rahmat setelah Tuhan membuat Carmelit carmelit, dari diluar negeri ini sehingga perkembangan nya ke Indonesia. Sampai hadirnya rumah retret diTumpang ini. Rumah Retret ini telah menghadirkan kembali kejadian Gereja perdana pada jaman para Rasul, dan mempertobatkan banyak orang, serta telah membawa banyak orang mengalami hidup baru bersama Tuhan.
    Saya berharap banyak pada Romo Yohanes dan para Suster putri Carmel agar juga dapat membuat pelayanan di daerah daerah khususnya yg sudah menerima Kharismatik, khususnya di daerah kami Kota Banjarmasin. Terima Kasih Tuhan Memberkati Kita semua.

  12. Beberapa rakan dari Sabah Malaysia pernah mengunjungi Pertapaan Karmel ini pada tahun 1995 dan mereka semua amat mengaguminya. Puji Tuhan kerana adanya insan seperti Romo Yohanes mahu menjiwai panggilan Tuhan Yesus untuk meneruskan karya cintakasih di bumi ini. Saya ingin sekali mahu melawat tempat-tempat ziarah rohani tetapi FOBIA dengan penerbangan. Tolong doakan saya Romo agar bisa terlepas dari ketakutan ngeri ini. Mohon juga didoakan krisis rumahtangga yang datang tanpa diduga ini. Amen, Shallom untuk semua pembaca.

  13. Terima kasih saya ucapkan kepada Pertapaan Karmel, yang atas berkat-nya telah memberi kesembuhan kepada seseorang yang saya sayangi, yang atas Kasih sayang-Nya saya bisa bertemu kembali dengannya. Saya -bukan seorang kristen – (by Yohanes) , apakah diperbolehkan mengunjungi Pertapaan Karmel ? Terima kasih, semoga Tuhan selalu memberkati kita semua.

  14. Maaf Pak Dwi saya ubah sedikit, gak masalah ya, karena website ini terbuka untuk umum dan kami harap bisa memberi kesejukan kepada semua orang. Bukankah kasih juga untuk semuanya tanpa melihat perbedaan yang ada termasuk agama. Untuk kunjungan saya kira tidak masalah Pak, untuk mengikuti acaranya mungkin ada baiknya bisa berkonsultasi dengan suster disana. Datang saja hari biasa lebih enak karena suasananya lebih tenang. Senang sekali atas kesembuhan seseorang yang Bapak kasihi. Kasih
    Tuhan memang seperti matahari yang selalu bersinar untuk semua orang dibelahan bumi ini, bahkan mereka yang tidak mengakui Dia sekalipun. Mengapa kita membatasi diri dalam memberikan kasih?

  15. Mari teman kita berdoa untuk permasalahan saudara Flora, dalam Tuhan kita dimampukan untuk menjalaninya. GBU

  16. banyak cerita tentang pertapaan tumpang dilingkungan gereja tapi saya sendiri belum pernah pergi ketumpang tapi saya banyak baca di web ini banyak peristiwa mujizat yang terjadi ingin sekali saya merasakan sendiri mohon saran dari teman teman apa yang mesti saya lakukan GBU

  17. Syalom,
    Saya mohon tanya, apakah Pertapaan Karmel mempunyai cabang di Bali? Tq&GBU.

  18. Salam,
    Saya ingin menanyakan anak saya mempunyai indera keenam (roh) yang selalu mengikutinya, saya dan isteri saya ingin roh tsb hilang, karena pengaruhnya jahat(tidak bisa dikendalikan) oleh anak saya (umur 14 thn, laki-laki), bagaimana caranya, haruskah saya mendaftar dulu, kalau bisa dibulan juni atau juli 2009, pas kebetulan anak saya libur sekolah..terimakasih atas jawabannya..GBU
    D. Goenawan Ts, sukorejo-kendal-jateng

  19. To Pak Budi, sepertinya tdk ada Pak
    To Pak Dionisius, lebih baik langsung mendaftar untuk menginap disana Pak. Habis misa bisa konsultasi dengan para suster disana.

  20. To Yohanes…bisakah tempat ini merubah keyakinan dari agama muslim kembali ke agama katolik dengan cara brain wash?penggunaan bahasa roh membuat saya tertarik untuk melihat secara langsuung..roh yg dimaksud ini apakah roh gentayangan ataukah roh yg menurut yohanes sendiri?sehebat apakah tempat ini untuk membuat keajaiban dan mukjisat2 yg mn kita tidak tahu kemampuan itu dari iblis apa karunia Tuhan?

  21. pa yoh di bln sept ada retret nggak di tumpang

  22. Jadwal retret go to: http://bundamaria.wordpress.com/2009/02/12/201/

  23. sangat bagus
    saya mau mengetahui apa saja fasilitas yang ada dan biaya menginapnya kira kira berapa???

    untuk tanggal 18-22 juli kira kira kosong gak ya??????

    terima kasih

  24. kalu di tumpang suster siapa yang dapat karunia membedakan roh dan karunia sabda pengetahuan, trus apa arti simbol vivit dominus in …………. trims God Blesss all

  25. Terimakasih buat adanya website ini..
    Pertapaan karmel memang punya suasana yang berbeda dibanding tempat lain, dan para suster di sana sangat pendoa dan tidak sombong…
    Boleh minta tolong dukungan doa?? Saya sedang di davao untuk mencari peluang meneruskan residency traininng di bagian kandungan. RS Davao Doctors akan mengadakan rapat hari kamis mingggu depan, 13 MEi, mohon dukungan doanya ya..
    Thanks a lot, Tuhan memberkati kita semua…

    Susan

  26. Tuhan memberkati, kami turut berdoa.

  27. saya berterimakasih yang tidak akan ada habisnya atas bantuan suster disana ( terutama suster cecilia dan suter viany ) yang telah banyak membantu dan mendoakan saya sehingga saya sudah mulai hidup lebih baik lg cuman sedih karena kemarin mau ikut retret luka batin tdk jadi dikarenakan harus kembali kerja diluar pulau. tapi jika saya sudah siap saya mau memberikan kesaksian saya kepada semua orang betapa jesus itu sayang kepada kita umatnya…. hanya kita harus bersabar dan tidak boleh berpaling kepada siapapun andalkan yesus itu saja prinsip saya saat ini.

  28. Kerinduan untuk berkunjung kembali ke Pertapaan begitu besar….Mohon dukungan doa dalam menghadapi dan menjalani roda kehidupan yang kadang – kadang aneh

  29. Bisa minta tolong jadwal retret di pertapaan karmel – tumpang malang untuk tahun 2010 (Juni s/d Desember) Retret untuk dewasa / berkeluarga? terima kasih sebelumnya.

  30. Saya seorang katolik,tp suami sy kristen,apakah saya bisa ajak keluarga saya utk berdoa disana?trus apakah harus membuat janji dulu?krn saya setiap hari bekerjka dan saya libur hanya lebaran idul fitri saja.kalau saya haruis daftar saya hrs hubungi no berapa dng siapa?tks and GBU

  31. to luci,
    boleh saja, kenapa tidak? untuk daftar tinggal hubungi sekretariat. Semua lengkap di website ini, cek di bagian rumah retret. GBU

  32. Saya mendengar dari temen saya bahwa nanti pada tgl 16 januari bpk. yohanes akan memimpin misa disana. Yang ingin saya ketahui apakah bpk.Yohanes juga bisa mendoakan suami saya yang sedang sakit cancer. Dan saya juga mendengar bahwa disana juga ada seorang suster yang juga di berikan talenta untuk menyembuhkan. Mohon informasinya. Terima kasih.

    • Dear Rosana Tjoa

      Suster Vianney namanya…..
      semua yg pernah ret2 disana…. pasti punya kenangan tersendiri akan beliau……..

      berdoa semoga bisa bertemu dengan beliau……

      ciri2 nya adalah
      Suster Vianney dari Papua dan selalu membawa tas di sisi kirinya
      wkt 2002 hanya ada seorang suster dari papua, tidak tau kalo saat ini…..

  33. Bukan saya pastinya yang memimpin tetapi seperti pengalaman saya dulu, kita bisa ikut PD dan misa disana, (menginap 1 malam) sehabis pulang bisa konsultasi dengan suster disana. Saya berdoa buat kesembuhan suami ibu Rosana. dan disana kita berharap Tuhan bisa berkarya.

  34. pertapaan karmel-tumpang…
    hmmm…tempat inilah yg pada akhirnya membawa saya untuk dibaptis menjadi seorang katolik…
    tmt ini mungkin bukanlah tempat yg paling indah di dunia sebagaimana layaknya tempat wisata terkenal di dunia..
    tapi tmt ini merupakan tempat yg memiliki arti tersendiri dalam hidup saya…
    tmt di mana saya bisa merasakan jamahan kuasa Tuhan… di mana sy bisa merasakan Tuhan hadir dihadapan saya, memeluk dan saya merasakan kasih yg luar biasa…
    tmt ini memberikan pelajaran dan pengalaman rohani yg begitu indah…
    tmt di mana Tuhan mencurahkan roh kudusnya…

    amazing place deh pokonya… (”,)

    • selamat pulang kembali ke rumah… mari kita slalu menghidupkan iman Katolik dalam diri sehingga setelah dibaptis makin teguh, iman menguat dan tak tergoyahkan, boleh menjadi terang bagi sekitar kita…

      selamat datang….

  35. saya ada masalah kekuarga dan sudah lama saya coba pecahkan dengan istri, tapi hasilnya tidak seperti yang saya harabkan, saya mau coba memecahkan masalah saya ke pertapaan tumpang ini apa yang harus saya lakukan, saya sangat awam dalam agama, mohon kiranya saya bisa diberitahu lewat email saya diatas, makasih

  36. Selamat siang,nama sy Jacienta, sy ingin bertanya, apakah sy bisa berbicara dgn suster Caecilia? bagaimana caranya? adakah no tlp yg bisa dihubungi? sy baca di harian Kompas. mhn kabarnya. Terima kasih.

  37. Maaf saya tidak bisa banyak membantu, bisa hubungi sekretariat. GBU

  38. Saya baru search lewat Google Map, dan menemukan koordinat gerbang pintu masuk ke pertapaan ada di titik -8.071502 +112.772526. Semoga bermanfaat bagi yang punya GPS dan belum pernah kesana.

  39. mengingat masa lalu.
    tahun 2002, saya ikut kamping rohani muda mudi @tumpang malang…..sekitar 10 tahun yang lalu…

    sungguh sangat memorable dan tidak terlupakan….
    seminggu ret2 disana: hari 1-3 seperti neraka…. tetapi hari ke4 dan seterusnya berharap “kalo diperbolehkan diperpanjang waktu ret2nya” ….

    terutama ketika pulang minta doa berkat dari Suster Vianney….. semoga beliau masih ada saat ini……….

    GBU Suster Vianney

  40. saya ingin ke tumpang klo dari malang naik bus apa ya

  41. Salam Hormat untuk Romo Hudi…terimakasih atas doanya… Semoga Tuhan selalu memberkati karyanya. Mujizat dari Tuhan, dengan perantaraan doa Romo Hudi, serta perantaraan air dari pertapaan karmel…saya disembuhkan dari penyakit…(felix_jogja)

  42. Pak Samson dari mana? Kalau naik Bus sepertinya agak susah, lebih baik kalau ikut di beberapa koordinator luar kota. Seperti di Surabaya, ada rombongan yang biasanya ikut retret. Atau di Malang ada travel pribadi kesana

    • pak yohanes, kalau mau naik angkutan umum bisa, naik mikrolet dari terminal arjosari ke tumpang. sampe di pasar tumpang terus naik ojek. kalau bis memang belum ada

  43. Terimakasih buat pak Felix, Ariyanto dll. GBU

  44. Selamat malam pak, saya mohon informasi. Bila hr Minggu biasa apakah kami sekeluarga boleh ke pertapaan karmel untuk meminta bantuan doa? Keluarga saya sedang dilanda musibah dan sangat butuh penguatan dan bantuan doa. Karena kami percaya hanya tangan Tuhan yang mampu membantu kami. terimakasih atas perhatiannya. GBU

  45. [...] I was going to Hermitage Karmel with my girlfriend’s Mom. We went to Tumpang cause we want to pick my girlfriend who was [...]

  46. saya mau minta info,apakah ada kegiatan sprt retret d bln nov ini…trimakasih sebelumnya.

  47. Luar biasa suasana pertapaan Karmel , Ngadirekso , Tumpang , Malang.
    Betul2 dpt membuat hati ini hidup dlm suasana damai sejahtera. Seakan akan saya sekeluarga datang di rumah Yesus dan menerima anugerah damai sejahtera nya. Semua lepas dari kesibukan kedagingan dan hanya memuliakan Tuhan sesembahan kita. Luar biasa.

  48. Kegiatan selama satu tahun sudah saya posting disini bu Maria

    • selamat sore pak, saya tinggal di Kalimantan Timur, ingin sekali ke sana, kalo dari Surabaya saya harus naik apa agar bisa tiba di sana …

  49. Dear Bpk.Yohanes,

    Saya seorang katolik dan sudah lama ingin ke tumpang tapi bingung gimana caranya saya kesana karena saya tdk ada transport. Saya ingin menanyakan ada tdk jasa travel yg melayani perjalanan PP Surabaya-Tumpang?

    Makasih Pak sebelumnya.

    GBU

    • Bisa ikut bus dari surabaya bersama sama , bisa menghubungi koordinator di surabaya. Apabila masih belum jelas silahkan menghubungi saya di 081553124115

  50. tempat yang indah, tempat yang sangat luar biasa …. kerinduanku selalu untuk kembali ke karmel setiap waktu ….. tahun ini sdh ke 4 kalinya aku kesana bener-bener sangat luar biasa…..

  51. Bapa mengasihi orang2 yang mencari wajah Nya….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 38 other followers

%d bloggers like this: