Posted by: yohanes tantama | May 12, 2008

Peresmian Gereja Katolik Roh Kudus – Surabaya

Puji Tuhan kemarin, Tgl 11 Mei 2008 Gereja kami di daerah Rungkut – Surabaya, tepatnya diperumahan Puri Mas telah di resmikan sebagai Paroki setelah beberapa tahun menjadi stasi. Acara berlangsung sederhana tetapi khitmat. Acara yang diresmikan oleh Uskup Vincentius Sutikno berlangsung sekita hampir 3 jam. Melalui Homilinya Uskup mengingatkan bahwa bentuk hadirnya Roh Kudus tidak melulu sesuatu yang luar biasa tetapi melalui hal yang sederhana, sesuai dengan cara hidup umat beriman pada waktu itu. Antara lain melaui sikap selalu peduli dan berbagi dengan sesama.

Peresmian ini memberi kesan mendalam buat saya, Saya tidak ahli dalam teologia gereja tetapi saya bisa merasakan bagaimana gereja kita disebut Satu, Kudus, Katolik dan Apostolik. Saya merasakan Gereja benar benar menjadi pemersatu semua warganya yang beraneka ragam. Sebagai manusia pasti selalu ada konflik, suka atau tidak suka dan semua hambatan yang ada sudah tidak terpikirkan lagi. Semuanya menyatu dalam rasa syukur atas diresmikannya gereja kami. Meskipun ada banyak perbedaan itu kita semua sadar bahwa dalam gereja ada persatuan dan pengampunan sehiingga tidak mudah memecahkan diri.

Bertemu dan berbicara langsung dengan Uskup juga memberi kesan tersendiri, hirarki gereja bukan lagi terlihat sebagai suatu yang kaku tetapi justru saya merasa kita tetap perlu figur yang bisa memberi rasa damai (seperti seorang ayah) yang dapat menyatukan semua pendapat, keinginan dan apapun bentuk ego manusia.

Mohon doa agar gereja kami dapat semakin maju dan terjalin persaudaraan yang kuat yang dapat menjadi terang buat sekitarnya.


Responses

  1. Siang..

    Alamat dan no telp Gereja Katolik Roh Kudus Surabaya berapa ya?..

    Terima Kasih..

  2. Gereja Roh Kudus ada di dalam perumahan Puri Mas Rungkut, dekat UPN Gunung Anyar. Jl. Igusti Ngurah Rai 97. telp 8792426. GBU

  3. Saya bisa menyewakan sound system dan giant screen serta plasma tv 42″ untuk acara2 natal bersama dan acara misa/kebaktian tahun baru 2009. Harga kompetitif khusus untuk gereja.
    GBU. Boim 0817 321 252 / 031-7157 9697

  4. Semoga dengan hadirnya Gereja Katolik Roh Kudus menambah banyak jiwa yang diselamatkan bagi Kristus Yesus. Amin

  5. sy dari flores. Sy ingin di berkat perkawinan di gereja roh kudus. Boleh tahu caranya gimana?

  6. Bisa melapor dulu ke lingkungan dimana Bapak tinggal.

  7. Saya dari Medan, baru datang ke surabaya. sementara saya tinggal dekat stasiun gubeg. Mohon informasi apakah jarak dari saya tinggal ke gereja katolik Roh Kudus cukup jauh? Saya juga mohon informasi jika ada rumah kost yang berdekatan dengan gereja katolik, mohon bantuan untuk meng-informasikan ke saya. Terimaksih sebelumnya. Salam damai…

  8. Dari tempat anda di Gubeng ada beberapa alternatif, bisa ke Gereja Santa Maria Tak Bercela di Ngagel ( dekat Sekolah Santa Clara ) disana juga banyak tempat kost karena dekat kampus. Atau bisa ke Gereja Katedral, tempat kost didaerah sana juga banyak karena dekat Univ. Widya Mandala. GBU

  9. Mohon maaf jika merepotkan.sebab Saya ingin mengetahui alamat Bapak drs Indri wijanarko yang pernah menjadi pembimbing saya dalam bidang seni drama saat menjadi dosen logika di universitas dr soetomo.dan jiua tidak keberatan apakah ada kursus alkitab tertulis di gereja katolik Roh kudus ?Saya sangat tertarik dan berminat mempelajari pemahaman alkitab secara korespondensi seperti yang tengah saya pelajari dari Catholic home study service Usa dan Amsterdam university.
    semoga pak indri juga berkenan membantu dan membimbing saya dalam mempelajari pendidikan alkitab tertulis seperti waktu saya kuliah di fkip universitas dr soetomo surabaya.
    Terima kasih dan mohon maaf jika ada kata kata yang kurang berkenan.
    Gatot malaisianto Mph.( PMKRI universitas dr soetomo surabaya )

    • Siang Sdr Gatot, kursus alkitab/teologi ada di Univ Darma Cendika. Kalau Bapak tertarik bisa email ke saya yohanes.tantama@gmail.com. Nanti saya beri info lebih lanjut. Pengajarnya dari Romo STFT Malang.

  10. ” Selamat Hari Natal dan Tahun Baru 2013 “.
    Semoga bahagia dan terang senantiasa memberi kedamaian berkat dan kasih
    didalam kristus.”
    www: gatot malaisianto.com

  11. Selamat Natal juuga Pak Gatot, Tuhan menyertai Bapak sekeluarga dengan damai senantiasa.

  12. selamat sore saya mau menanyakan mengenai alamat saya di gunung anyar permai regency itu termasuk paroki, wilayah dan lingkungan apa terima kasih.

    • Pak Tarsisius, Gunung Anyarnya mana? Coba saya bantu menanyakan ke sekretariat. Kalau deket Wiguna (Wisma Gunung Anyar) itu masuk wilayah Philipus setahu saya. Bapak bisa kontak saya langsung per email di yohanes.tantama@gmail.com Thanks, GBU

  13. selamat siang

    untuk daerah gunung anyar masuk wilayah dan lingkungan apa yah terimakasih

  14. selamat pagi, saya menanyakan kalau saya berdomisili di rungkut menanggal dan mau minta surat keterangan menika, apakah wilayah rungkut menanggal ikut paroki gereja Gereja Katolik Roh Kudus – Surabaya dan apa saja persyaratannya, terima kasih

    • Benar Pak, Bapak ikut di Wilayah Matias (kalau saya tidak salah), untuk memastikan dan sekalian mendapatkan formulir Bapak bisa datang ke sekretariat Gereja Roh Kudus dan menemui Bp. Pius. Disana Bapak bisa minta info lebih detail lingkungan Bapak dan ketua lingkungannya. Nanti untuk pengurusannya dapat melalui ketua lingkungan.
      GBU dan semoga semua lancar.
      Yohanes

  15. Selama hari Natal dan Tahun Baru 2014
    Semoga Bahagia dan damai sejahtera didalam kasih kristus menjadi berkat
    dan kelimpahan dalam kehidupan kita
    Jika berkenan saya juga ingin mengucapkan selamat hari natal dan tahun baru 2014
    kepada Bapak Indri Wijanarko Dosen Logika Universitas dr soetomo surabaya. jika pak Indri trt menghadiri
    Perayaan natal dan tahun baru di PMKRI SURABAYA mohon informasinya karena saya dan teman2 pmkri unitomo
    tidak mendapat undangan dari Mbak Margareta sagala
    Salam kasih dalam kristus jesus
    Gatot malaisianto

  16. Puji Tuhan kmrn saya bs mengantar anak saya pertama kali ke gereja ROH KUDUS ….. setelah lama saya mencari gereja yg terdekat dari rumah KETEMULAH GEREJA ROH KUDUS ,,,, SUASANA DISANA BEGITU HIKMATT …

    • Selamat datang di Gereja Roh Kudus. GBU

  17. Mohon Bantuan doa untuk kesembuhan Ibu Saya yang sedang sakit, Pak Yohanes tantama. Semoga berkah dan kesembuhan tercurah buat Ibu saya didalam Nama Yesus
    Horamat kami Gatot malaisianto ( pmkri dr soetomo university surabaya)

  18. Doa saya untuk ibu Bp Gatot M. Kasih Tuhan menyertai selalu

    • Pak saya alamat ktp di purimas,tetapi saya sekarang tinggal di petemon,apakah saya bs ikut katekumen dan baptis di paroki svaps widodaren pak?? Karena jarak dr rumah saya ke rungkut jauh pak…

      • Setahu saya untuk baptis dewasa memungkinkan, tapi mungkin butuh pengantar dari lingkungan asal. Ada baiknya dibicarakan dengan Ketua Lingkungannya.


Leave a Reply

Categories

