Posted by: yohanes tantama | July 6, 2008

Allah menyatakan kebenaran melalui orang kecil

Matius

11:25 Pada waktu itu berkatalah Yesus: “Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil.

Ayat diatas dipetik dari bacaan Injil pada hari ini. Suatu ungkapan dari Tuhan Yesus yang menguatkan kita semua yang terlibat dalam melayani orang kecil dan lemah. Kita seolah disadarkan bahwa gereja Katolik kita yang tercinta ini didirikan dan dibangun bukan hanya dari uang dan materi tetapi dari orang orang kecil yang selama ini mungkin tidak kita perhatikan dan seolah tidak berperan. Mengutip homili dari Romo pagi ini, Romo memberi suatu contoh nyata bahwa pada kondisi normal orang orang kecil seolah terlupakan dan malah mungkin dalam beberapa hal seolah merepotkan dan “menjadi beban”. Tetapi dalam kondisi sangat kritis dan terjepit justru orang orang kecil inilah yang berperan menjaga keutuhan Gereja. Di berbagai daerah yang terlibat konflik dengan ancaman mengarah kepada umat Kristiani, mungkin mereka yang punya uang sudah lebih dulu meninggalkan tempat tersebut (tentunya tidak berarti mengecilkan arti dan menghakimi orang orang yang dengan tingkat ekonomi lebih karena saya yakin masih banyak mereka yang mempunyai jiwa dan nurani yang mau berbagi dengan kelebihan mereka) dan akhirnya orang orang kecillah yang tetap tinggal untuk mempertahankan kehidupan Gereja di daerah tersebut. Sejarah telah membuktikan hal tersebut.

Jadi kita harus berterimakasih kepada Tuhan yang hari ini yang mengingatkan kita agar kita tidak menyombongkan diri dengan segala kemampuan dan kekuatan kita tetapi juga tidak perlu berkecil hati dengan segala kekurangan kita. Hanya dengan seperti Tuhan yang merendahkan dirinya untuk menjadi manusialah maka kita dapat membangun gereja kita dengan nilai nilai persatuan tanpa memandang derajat atau status sosial kita. Bahkan kadang kadang kita bisa belajar dari saudara kita yang kekurangan atau kecil karena ada beberapa hal yang mungkin mereka lebih tahu dari pada kita yang mengaku sebagai orang yang tahu semuanya dan orang yang bijak (Tuhan sendiri mengatakannya).

Setuju?

Yohanes


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: