Posted by: yohanes tantama | November 9, 2008

Liturgi mempunyai arti pedagogi

Pedagogi artinya sebuah sekolah atau tempat dimana kehidupan rohani kita bisa bertumbuh terutama dalam mendalami masalah spiritual gereja. Liturgi mempunyai unsur diatas karena didalamnya sangat sarat dengan pewartaan. Kita sebagai orang Katolik mungkin tidak menyadari bahwa isi bacaan dibuat sedemikian rupa dengan keteraturan yang disesuaikan dengan kalender liturgi gereja. Tentunya versi “kompletnya” apabila kita tekun mengikuti misa harian yang diadakan gereja katolik. Atau mungkin kita baca dari berbagai sumber yang memuat bahan bacaan harian secara katolik. Jadi umat katolikpun sebenarnya diajak untuk mencintai alkitab dan membacanya secara keseluruhan (nah….??)

Didalam liturgi sabda disetiap misa mempunyai urutan dan cara pengucapan yang sangat sarat dengan makna rohani. Urutan yang ada adalah:

1. bacaan I (dari perjanjian lama, kecuali Paskah) merupakan suatu pernyataan dari Allah

2. Syukur kepada Allah + Mazmur tanggapan merupakan jawaban dari kita sebagai manusia untuk memuliakan Allah

3. Bacaan II (kitab perjanjian baru, terutama surat Paulus) juga merupakan sabda dari Allah

4. Kita tanggapi sebagai manusia dengan Alleluya yang kita ucapkan/nyanyikan

5. Injil dari Yesus Kristus merupakan inti dari poin1-4 sehingga pada akhir dari bacaan kita menjawab : Terpujilah Kristus.

Dan jangan lupa bahwa Ekaristi/Liturgi kita sangat alkitabiah karena semua kata yang kita ucapkan diambil dari Kitab Suci.

Nilai pembelajaran dilanjutkan juga didalam homili.

Jelaslah bahwa liturgi yang kita ikuti tiap minggu membawa kita semakin mendalami iman kekatolikan kita.

Ini sedikit intisari pelajaran yang saya dapat, semoga membuat kita semakin mencintai dan memahami liturgi. Detailnya tentunya harus tanya ke Romo dan belajar dari beberapa buku yang ada.

Kalau ada yang bisa menambahkan dan memberi kesaksian betapa liturgi dan ekaristi menguatkan kita semua, silahkan kirim ya.

Salam Damai

Yohanes


Responses

  1. Dalam perayaan Ekaristi, ada dua liturgi yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain, yakni liturgi sabda dan liturgi ekaristi. Mungkin yang dibahas di sini adalah yang bagian liturgi sabda.

    Dalam perayaan Ekaristi, Kristus tidak hanya hadir dalam tubuh dan darah tetapi juga dalam Sabda Allah yang diwartakan. Jadi Gereja dan umat beriman mendapat santapan rohani dari meja sabda dan sesudah itu digenapi dengan santapan jasmani dari meja Ekaristi.
    Bacaan pertama diambil dari Kitab-kitab Perjanjian Lama. Dalam hal ini GEreja mau menyajikan sejarah keselamatan yang sudah dimulai sebelum Kristus. Hal ikhwal Kristus sudah diramalkan dalam KS Perjanjian Lama. Pengecualian selama Masa Paskah, bacaan pertama secara khusus diambil dari Kisah Para Rasul.
    Bacaan kedua diambil dari surat-surat pada Rasul. Pembacaan surat-surat ini merupakan tradisi yang sudah dilakukan sejak abad I.
    Mazmur tanggapan merupakan suatu tanggapan atau jawaban jemaat atas Sabda Allah yang telah diwartakan. Menjawab atas karya-karya Allah yang masih berlangsung hingga kini.
    Bait pengantar Injil yang biasa antifon nya adalah alleluya adalah ajakan untuk memuji Allah sebelum mendengarkan Injil.
    Untuk menanggapi pernyataan pembaca Injil, jemaat juga membuat tiga tanda salib kecil pada dahi, bibir, dan dada. Arti dari ketiga tanda Salib ini adalah bahwa kita harus menghayati Injil secara utuh yakni lewat pikiran (dahi/kepala/otak), lwat kata (bibir/mulut), dan dalam tindakan nyata yang berdasarkan dorongan hati (dada).
    Homili adalah tradisi yang sudah diwajibkan sejak awal lahirnya Misa, pada abad I. Pewartaan kabar gembira tidak cukup hanya dengan pembacaan, namun perlu juga disertai penjelasan, penjabaran konkret. Homili mau membantu jemaat untuk lebih dapat memahami pesan atau maksud Sabda-sabda Alkitab.

    sumber:
    Suryanugraha, C. Harimanto.2003.Lakukanlah Ini: Sekitar Misa Kita.Bandung: SangKris.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: