Posted by: yohanes tantama | April 10, 2009

“PASKAH TRIDUUM ADALAH ‘PUNCAK TUMPUAN’ LITURGI TAHUN INI”

PAUS BENEDICT XVI : “PASKAH TRIDUUM ADALAH ‘PUNCAK TUMPUAN’ LITURGI TAHUN INI”.

KOTA VATICAN, 08 April 2009 PB XVI merefleksikan Paskah Triduum/tigahari-suci\ kepada khalayak umum hari ini adalah sebagai “Puncak Tumpuan” yang berkenaan dengan seluruh peribadatan tahun ini. Minggu Suci kata PAUS, “Kami menawarkan suatu KESEMPATAN yang dahsyat untuk ikut membenamkan diri ditengah-tengah ‘ACARA PENEBUSAN’ untuk mengenang kembali “MISTERI PASKAH” , MISTERI IMAN YANG PALING AKBAR ! Sungguh AJAIB, pada saat yang sama dan LUAR BIASA, kenyataan ini merupakan suatu MISTERI, dimana kita nyaris tidak pernah memikirkannya.

MESKIPUN Yesus memiliki HAK PREROGATIF ILAHI YANG EKSLUSIF /LAIN DARI YANG LAIN\, BELIAU tidak ingin menggunakan KEILAHIAN-Nya sebagai TUHAN YANG BERMARTABAT DAN BERKUASA sebagai instrument atau tanda kemenangan bagi manusia, yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: “Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa!

PB XVI mengatakan, Kamis Suci, adalah “sebuah undangan untuk memperbaharui untuk menyampaikan puji syukur kepada Tuhan melalui karunia Ekaristi yang akbar itu, yang akan diterima dengan ketaatan dan harus disembah, dipuja dan dipuji dalam IMAN.” Good Friday kata PAUS, adalah “Hari yang SUCI mengingatkan Hari PENYALIBAN TUHAN”. Setiap tahun, kita menempatkan diri dalam keheningan sebelum Yesus DIPAKUKAN ke Kayu Salib, sebagaimana kita harus mewujudkan cinta yang penuh bergelora seperti kata-kata yang telah Yesus kumandangkan pada malam PERJAMUAN TERAKHIR ! “Yesus menghendaki dan menawarkan pengorbanan hidup-Nya yaitu PENGAMPUNAN DOSA-DOSA MANUSIA”, sama seperti sebelum EKARISTI, Ia mengorbankan Tubuh dan darahNYa demi pengampunan dosa2 manusia dan Hidup Yang Kekal. Allah turun ke dunia tidak hanya berbuat seperti manusia biasa, juga tidak hanya menderita untuk menyelamatkan manusia, pun tidak hanya berkorban membebani Diri-Nya dengan semua tragedi kemanusiaan, TETAPI IA MATI UNTUK KITA MANUSIA YANG PENUH DENGAN DOSA-DOSA.

Kematian Kristus bermakna menarik kembali semua penderitaan dan kejahatan yang menimpa manusia setiap saat. Semangat penderitaan Yesus terus menerus berjalan sehingga tidak ada lagi KEBENCIAN DAN KEKERASAN yang berdarah-darah mulai hari ini di BUMI. PB XVI menambah, “Jika Jum’at Agung adalah hari yang penuh dengan KEHARUAN. maka pada saat2 yang sama biarkanlah IMAN kita menyala-nyala kembali, agar masing2 dari kita bersedia memanggul salib-Nya yang diwujudkan dalam perbuatan kita yang mau ikut memanggul salib kita masing2 demi sesama dengan kerendahan hati, penuh IMAN serta tulus-ikhlas dalam nama Yesus Tuhan kita..Mari kita dukung MISI KRISTUS supaya berjalan terus dan penuh dengan KEMENANGAN”.

PB XVI mengharapkan, “Sabtu Suci merupakan suasana keheningan menunggu Kebangkitan Yesus. Pada hari ini Gereja-gereja tidak menyediakan peribadatan berupa RITUAL-RITUAL, mari pada saat2 hening ini kita bedoa dan berbagi perasaan bersama-sama Bunda Maria dalam KEHARUAN dan bernyala-nyala dalam IMAN akan Yesus Kristus ! Mengikuti “Ketenangan dan Kesunyian Sabtu Suci” adalah KHIDMAT BERJAGA-JAGA PASKAH, Bapa Paus menyebutnya “MOTHER OF ALL VIGILS”. Paus menambahkan,”Sekali lagi menyatakan akan menjadi kemenangan bagi TERANG atas KEGELAPAN, KEHIDUPAN DIATAS KEMATIAN, dan seluruh umat akan BERSUKA CITA dalam perjumpaan dengan TUHAN”. Kami akan menuju masuk kedalam SUASANA PASKAH KEBANGKITAN, DAN HIDUP KEMBALI”. (Posted by EddyTG)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: